Connect with us

Terapkan Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan, Pemda Kota Cirebon Bahas Denda

Berita Cirebon Radio

Terapkan Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan, Pemda Kota Cirebon Bahas Denda

KEJAKSAN [89,2 CR] – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon akan membahas lebih detail terkait penerapan denda sebesar 100 – 150 ribu bagi warga yang tidak memakai masker. Persoalan muncul ketika pelanggar tidak memiliki uang untuk membayar denda tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Drs Agus Mulyadi M.Si mengatakan, penerapan denda bagi pelanggar bedasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat. Penerapan denda mulai berlaku pada tanggal 27 Juli 2020 mendatang. Uang denda otomatis akan masuk ke kas daerah.

“Harus dipelajari dulu, ada yang harus dijabarkan mengenai denda, bagaimana kalau yang tidak memiliki uang,” ujarnya usai rapat evaluasi AKB di Balai Kota Cirebon, Kamis (23/7/20).

Pemda Kota Cirebon mengusulkan bagi yang tidak mampu dikenakan sanksi sosial. Hukuman yang diberikan contohnya membersihkan lingkungan atau yang lainnya. Bagi Agus, sanksi berupa denda pelanggar lebih kepada efek jera agar masyarakat lebih mematuhi protokol kesehatan.

“Tujuannya hanya memberikan efek jera, tidak memberatkan masyarakat. Maka kami ada alternatif bagi yang tidak bisa membayar denda dengan uang,” tambah dia.

Penerapan denda dimulai saat Gugus Tugas melaksanakan razia masker. Mereka akan disidangkan dan dijelaskan kesalahan serta sanksi yang diberikan. Setiap pelanggar dikenakan sanksi berbeda-beda.

“Sanksi itu saat razia. Pelanggar akan dikenakan sanksi oleh petugas,” tandasnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top