Connect with us

Terlihat Kumuh, Tahun Depan Kompleks Makam Sunan Gunung Jati Akan Ditata

Berita Cirebon Radio

Terlihat Kumuh, Tahun Depan Kompleks Makam Sunan Gunung Jati Akan Ditata

GUNUNG JATI [89,2 CR] – Kompleks makam Sunan Gunung Jati pada tahun depan akan ditata ulang. Penataan fokus pada alun-alun dan Pedagang Kaki Lima (PKL). Anggaran berasal dari pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon, Hartono, pemprov Jabar menggelontorkan anggaran sebesar 15 Miliar namun dikucurkan secara bertahap setiap tahun.

“Alhamdulillah kompleks makam Sunan Gunung Jati mendapat bantuan keuangan dari pemprov Jabar. Anggaran diberikan dibagi menjadi 3 kali. Tahun 2021, 2022 dan 2023,” katanya kepada awak media, Jumat (24/9/20).

Hartono menganggap keberadaan PKL di alun-alun terlihat kumuh, oleh sebab itu dilakukan penataan. Nantinya alun-alun akan steril dari pedagang, mereka akan menempati kios yang diberikan secara cuma-cuma. Total terdapat 102 pedagang di lokasi tersebut.

“Saat ini keberadaan PKL sangat kumuh, kami ingin lebih tertata seperti tempat wisata religi di kota lainnya,” ujarnya.

Ia berharap setelah ditata, kunjungan wisatawan ke obyek wisata religi makam Sunan Gunung Jati meningkat. Terlebih dengan fasilitas dan kebersihan yang dilakukan oleh pengelola.

Sebelumnya Disbudparpora pernah melakukan penataan PKL di tempat parkir. Setelah rampung para pedagang kini menempati kios yang lebih layak dan nyaman. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top