Connect with us

Tetangga Sudah Buka Layanan Plasma Darah, PMI Kota Cirebon Baru Ajukan Anggaran

Berita Cirebon Radio

Tetangga Sudah Buka Layanan Plasma Darah, PMI Kota Cirebon Baru Ajukan Anggaran

KEJAKSAN [89,2 CR] – Daerah tetangga sudah membuka layanan donor plasma darah COVID-19, Palang Merah Indonesia (PMI)  Kota Cirebon baru akan memulai. PMI baru mengajukan anggaran senilai 2 Miliar kepada legislatif untuk membuka layanan ini.

Ketua PMI Kota Cirebon, Edial Sanif mengaku, anggaran yang diajukan untuk membeli apheresis, plasma freezer dan blood refrigerator. Selama ini kebutuhan donor plasma sudah tersedia namun tidak maksimal.

“Kalau hanya donor plasma kami bisa tapi kami ingin memberikan yang terbaik untuk penyintas COVID-19 jadi harus maksimal,” kata dia kepada awak media, Rabu (24/02/21).

Donor plasma darah baginya sangat penting bagi penyintas. Meski belum ada kajian resmi, nyatanya metode ini mampu menyembuhkan pasien COVID-19 yang dalam keadaan kritis. Namun dalam donor plasma ada syarat dan ketentuan yang harus ditaati.

“Dari pengalaman sudah membuktikan. Syarat utama darah pasien yang pernah positif dan syarat-syarat lainnya,” katanya.

Edial belum bisa memastikan kapan donor plasma darah bisa dilakukan. Keputusan sepenuhnya kepada legislatif. Pihaknya akan mendorong agar bisa terealisasi secepatnya.

“Legislatif yang menggarkan tapi keputusan ada pada pemerintah pusat,” ujar dia. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top