Connect with us

Tinjau Finishing Reservoir, Komisi II DPRD Kota Cirebon Akan Temui Satker

Berita Cirebon Radio

Tinjau Finishing Reservoir, Komisi II DPRD Kota Cirebon Akan Temui Satker

SUMBER [89,2 CR] – Untuk yang kesekian kalinya Komisi II DPRD Kota Cirebon memeriksa langsung reservoir di Plangon, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Komisi II harus bersabar, karena proses pengerjaan reservoir dalam tahap finishing. Masyarakat akan menikmati air PDAM setelah semuanya rampung.

Berdasarkan hasil pantauan, anggota Komisi II melihat langsung proses pengerjaan crossing yang melintasi tol Palikanci. Komisi II juga melihat langsung pipa Jaringan Distribusi Utama (JDU) yang akan dipasang ke reservoir 9000 Meter kubik.

Ketua Komisi II DPRD Kota Cirebon, Watid Syahriar memaparkan bahwa, berdasarkan peninjauan finishing pekerjaan tinggal 3 persen. Kontraktor harus mengerjakan pekerjaan yang tersisa hingga selesai. Meski nanti rampung reservoir PDAM Kota Cirebon tidak bisa langsung digunakan.

“Prosesnya tersisa 3 persen, tinggal penyambungan pipa – pipa saja. Tapi untuk mulai dioperasikan tunggu Satker (Satuan Kerja-red) karena kewenangannya,” ujar Watid kepada awak medi, Kamis (25/06/20).

Lebih lanjut Watid menambahkan, kewenangan pengoperasian reservoir ada pada Satker Provinsi Jabar, bukan kewenangan PDAM. Oleh sebab itu pihaknya berecana menemui Satker guna mendapatkan jawaban yang pasti kapan reservoir mulai beroperasi.

“Ternyata kewenangan di Satker. Kami ingin menemui langsung agar mendapat jawaban pasti,” tambah dia.

Terpisah, Direktur Utama PDAM Tirta Giri Nata Kota Cirebon, Sofyan Satari menjelaskan, pihaknya masih menyelesaikan pekerjaan interkoneksi dengan tahapan penyambungan pipa JDU 600 mm crossing di jalan tol, epoxy atau pengecatan untuk pelapisan dalam accessories tapping di Plangon.

Adapun pelanggan yang akan terganggu adalah sebagian besar wilayah pelayanan Kota Cirebon kecuali daerah yg dilayani pipa lama seperti Sumber, Cempaka Arum, Arum Sari, Bukopin, Griya Mas Matahari, Penggung, Kalitanjung, Kanggraksan, Kebon Pelok, dan sebagian Majasem serta Perjuangan.

“Ada persiapan di dua titik lainnya yang menjadi tanggung jawab perumda air minum yang dilaksanakan simultan yaitu Tapping pipa 600 x 300 di Jl. Kesambi Raya – Kanggraksan dan Penyambungan pipa di Jl. Kalitanjung pertigaan Jl. Evakuasi untuk flushing pipa JDU,” paparnya.

Terkait finalisasi interkoneksi akan terus dimonitor dan dievaluasi kesiapannya sampai dengan seluruh tahapan dinilai sudah siap 100 persen. Rencana penyelesaian, terdiri dari dua tahap yakni tahap pelaksanaan diupayakan maksimal agar proses taping akan berlangsung delapan hingga maksimal 10 jam, saat itu sebagian besar wilayah pelayanan akan terganggu. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top