Connect with us

Tune-Yards Umumkan Album Baru Sketchy Rilis 26 Maret

Musik Film

Tune-Yards Umumkan Album Baru Sketchy Rilis 26 Maret

Tune-Yards mengumumkan detil album studio kelima mereka, sketchy. Album ini berisikan 11 lagu, termasuk single mereka tahun lalu ‘nowhere, man’, dan akan rilis 26 Maret 2021 mendatang. Merrill Garbus dan Nate Brenner membagikan lagu lain dari album sketchy, ‘hold yourself’ bersamaan dengan video animasi yang disutradarai oleh Basa Studio.

Lagu ‘hold yourself’ memanjakan pendengar dengan suara yang berlapis dan lirik paling eksplisit yang pernah ditulis oleh Garbus; sebuah momen jujur tentang kepedihan dan amarah yang ditunjukkan lewat intro lagu ini yang kalem hingga kulminasi yang meledak. “Lagu ini adalah tentang perasaan dikhianati, oleh generasi orang tua kita, dan pada saat yang sama, melihat bagaimana kita juga mengkhianati masa depan,” ungkap Garbus.

Album Tune-Yards sebelum ini, I can feel you creep into my private life, adalah sebuah pertanyaan refleksi diri yang menandai akhir dekade dari musik indie yang terbuka dan polifonik. Sepanjang tahun 2009 hingga 2018, Tune-Yards (Merrill dan partner serta kolaboratornya Nate Brenner) meluncurkan empat buah album yang mendapat banyak pengakuan kritikus, berkeliling ke penjuru dunia untuk tampil live, dan membuat lagu psychedelic untuk masterpiece surealis karya Boots Riley, Sorry To Bother You. “Kami benar-benar tidak berhenti hustling,” ujar Merrill seraya merefleksikan sepuluh tahunnya. “Dan saat kami bekerja keras, kami ikut ke dalam sistem-sistem yang sebetulnya tidak kami percayai.”

Terus mempertanyakan perannya di dalam sistem tersebut membuat Merrill lelah dan merasa hilang arah. Terinspirasi oleh Beastie Boys Book dan Creative Quest oleh Questlove, duo ini tetap bertahan dan mulai menuangkan keseharian mereka dalam sesi jamming berjam-jam di studio rumahan mereka “seperti layaknya atlet”. Mereka menelantarkan layar komputer dan memilih instrument live (Merrill bermain drum, Nate bermain bass) dan tidak lama lagu-lagu mereka mulai bermunculan.

Tidak seperti lirik penuh introspeksi diri di album I can feel you…, di album sketchy. Merrill menyeimbangkan introspeksi dan refleksi diri dengan keluh kesah yang menggebu-gebu, mengingatkan pendengar pada nada-nada penuh amarah di awal karir Tune-Yards. “Aku mulai mengingat bahwa orang mendengarkan lagu kita untuk merasa terhibur, untuk bergerak, untuk merasa bahagia. Dan bersama, aku pikir, kita bisa bangkit.” [CR]

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Musik Film

To Top