Connect with us

UKM Kota Cirebon Andalkan Bantuan Pemerintah Pusat di 2021

Berita Cirebon Radio

UKM Kota Cirebon Andalkan Bantuan Pemerintah Pusat di 2021

KESAMBI [89,2 CR] – Usaha Kecil Menengah di Kota Cirebon kini bergantung pada Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM). Pasalnya pada tahun 2021, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (DPKUKM) belum bisa memastikan kapan ada kembali bantuan stimulan.

Kepala DPKUKM Kota Cirebon, Maharani Dewi menjelaskan, BPUM Kota Cirebon mengajukan kepada Kementerian Koperasi dan UKM sebanyak 14 ribu calon penerima. Sementara untuk penyaluran dan verifikasi diserahkan kepada kementerian. BPUM terakhir disalurkan pada bulan Februari mendatang.

“Nilainya 2,4 Juta. Yang menyalurkan pusat melalui Bank BRI. Soal berapa yang mendapatkan kami tidak mengetahui pasti karena pusat kewenangannya,” katanya kepada awak media, Kamis (7/01/21).

Pada tahun lalu UKM di Kota Cirebon mendapat bantuan modal  (stimulan) sebesar 6 ratus perbulan. Namun pada tahun ini belum ada keputusan, yang pasti bantuan dari pemerintah Kota Cirebon dalam bentuk pelatihan.

“Total sekitar 6 Miliar untuk stimulan. Tahun 2021 fokus kepada pelatihan,” tambahnya.

 Maharani mengakui pandemi Covid-19 sangat dirasakan UKM. Banyak yang pelaku usaha yang harus gulung tikar akibat kesulitan modal. Mereka terpaksa menggunakan modal untuk kebutuhan sehari-hari.

“Kami berharap ekonomi bisa kembali stabil karena UKM salah satu sektor yang terdampak pandemi,” tandasnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top