Connect with us

Wajib Dipahami, Ini PPDB Online Jalur Prestasi Di Kota Cirebon

Berita Cirebon Radio

Wajib Dipahami, Ini PPDB Online Jalur Prestasi Di Kota Cirebon

KESAMBI [89,2 CR] – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon mengklaim pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online pada tahap pertama dari mulai 29 Juni sampai 1 Juli berjalan lancar. Pada tahap pertama dengan kuota 30 persen untuk jalur prestasi, afirmasi dan perpindahan guru.

Kepala Disdik Kota Cirebon Irawan Wahyono memaparkan, jalur prestasi dibagi menjadi dua kategori yakni akademik dan non akademik. Bagi akademik mereka yang berprestasi di bidang Kompetisi Sains Nasional (KSN) sedangkan non akademik berprestasi dibidang olahraga, seni dan tahfidz al-quran.

“Dalam perwali sudah dijelaskan jalur prestasi, afirmasi dan perpindahan dengan kuota yang sudah ditentukan,” ungkapnya kepada awak media, Senin (29/06/20).

Lebih lanjut Irawan menjelaskan, dalam bidang olahraga diambil berdasarkan prestasi di POP Kota dengan dibuktikan piagam. Ada 13 cabang olah raga yang masuk kategori dalam PPDB dan hanya yang juara satu yang akan diterima.

“Kami sudah berkoordinasi dan memiliki data pelajar yang berprestasi jadi tidak mungkin kami tertipu,” katanya.

Terkait kisruh umur dalam PPDB online, ia menegaskan bukan prioritas utama. Di dalam Permendikbud batasan usia ditentukan, namun pihaknya akan menggunakan ketika mendapati siswa yang sama secara prestasi dan jarak atau zonasi.

“Kalau ada drawing, zonasi sama, prestasi sama maka baru umur. Itu kemungkinan terjadi sangat kecil PPDB tahun ini,” tandas dia. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top