Connect with us

YPSGJ Support Pemerintah Dalam Pencegahan Covid-19

Berita Cirebon Radio

YPSGJ Support Pemerintah Dalam Pencegahan Covid-19

Kota Cirebon (89,2 CR) – Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ) sebagai penyelenggara Universitas Swadaya Gunung Jati dan Klinik Cakrabuana terpanggil dalam mendukung pemerintah melawan penyebaran Covid-19. Pasalnya Covid-19 berdampak luas bukan hanya ekonomi namun berimbas pada kegiatan pendidikan.

Ketua YPSGJ, Dadang Sukandar Kasidin menuturkan, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ), Klinik Laboratorium Cakrabuana berpartisipasi dan peduli membantu Pemerintah melawan penyebaran Covid-19. Upaya yang dilakukan Yayasan dengan memberikan dukungan finansial kepada FK-UGJ, Klinik dan Lab Cakrabuana dalam menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat. Produk kesehatan yang dihasilkan FK-UGJ nantinya akan disalurkan ke masyarakat melalui Puskesmas-Puskesmas di Kabupaten dan Kota Cirebon.

“Sebagai kampus yang memiliki labolatorium mumpuni kami ingin berkontribusi membantu Pemerintah dalam penanganan Covid-19. Upaya yang kami berikan diharapkan bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya saat rapat virtual UGJ vs Covid-19 di Kampus FK, Jumat (24/04/20).

Upaya-upaya lain yang tengah dilakukan FK-UGJ dengan mengoptimalkan fungsi Laboratorium sebagai pusat mendiagnosis Covid-19 dengan menggunakan RT PCR untuk mengukur Swab dan menganalisis kemungkinan seseorang terinfeksi Covid-19 terutama untuk PDP atau ODP. Mereka yang merasakan gejala dalam waktu 3 jam sudah dapat terdiagnosis.

“Penetapan FK UGJ sebagai Laboratorium Pengukuran Swab merupakan salah satu dari lima PTS dan 5 PTN di Indonesia yang ditunjuk pemerintah pusat melalui Puslitbangkes menjadi kebanggaan bagi YPSGJ, ” tambah dia.

Abah Dadang panggilan akrabnya mengakui akibat Covid-19 berdasarkan laporan dari Rektor, para Dekan, dan Direktur Pascasarjana bahwa kegiatan perkuliahan pada UGJ berlangsung dengan baik melalui pembelajaran daring (on line) sehingga tidak

mengganggu kegiatan akademik, termasuk ujian.

“Kegiatan civitas tetap berlangsung hanya bedanya sekarang memanfaatkan media on line,” tuturnya.

Dirinya menghimbau kepada sivitas akademika UGJ dan masyarakat pada umumnya agar dapat menjaga kesehatan diri, menjaga kebersihan, tidak keluar rumah, keluar jika urgen, gunakan masker saat berada di luar, ikuti himbauan pemerintah guna menghindari kemungkinan terpapar Covid-19. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top